“ Kehadiran  pakan mandiri bagi pembudidaya ikan memberikan efek positif  karena menambah keuntungan pembudidaya  hingga 2 – 3 kali lipatnya atau tumbuh pada kisaran Rp.3.000 hingga Rp.4.000 per kilogram produksi “

Singkawang – 2 Maret 2023, Masalah terkait pakan ikan merupakan persoalan klasik yang kerap dihadapi oleh pembudidaya ikan di setiap daerah. Sebagaimana kita ketahui, pakan menjadi beban yang signifikan karena diperkirakan bisa mencakup sekitar 60 – 70 persen dari keseluruhan biaya produksi yang dikeluarkan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meyakini bahwa jawaban dari soal pakan adalah produk pakan mandiri yang dibuat oleh pembudidaya secara mandiri, yang kualitasnya tidak kalah dengan produk pakan hasil pabrikan. Salah satu program KKP yang selaras dengan hal tersebut adalah Program Pakan Mandiri yang bertujuan meningkatkan efisiensi  biaya produksi melalui peningkatan efisiensi  pembiayaan pakan dalam usaha budidaya perikanan.

Sub Koordinator Budidaya Perikanan (Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan) Erniwan, S.Pi menyatakan kehadiran pakan mandiri bagi pembudidaya ikan memberikan efek positif karena menambah keuntungan pembudidaya hingga 2 – 3 kali lipatnya atau tumbuh pada kisaran Rp.3.000 hingga Rp.4.000 per kilogram produksi, selain itu juga penggunaan pakan mandiri tersebut dinilai mampu menekan biaya produksi budidaya ikan minimal 30 persen, tutupnya.

Selain itu, pakan mandiri juga dapat dibuat melalui penerapan prinsip Cara Pembuatan Pakan Ikan yang Baik (CPPIB), sehingga hasilnya akan selalu dipercaya oleh masyarakat terutama pembudidaya ikan, tutur Aditya, A.Md selaku Penyuluh Perikanan Bantu (PPB). Bila pakan ikan murah kemudian kualitasnya bagus, lanjut, Aditya, A.Md, pembudidaya semakin berdaya dan ekonomi mereka semakin meningkat pula, sehingga ini akan meningkatkan animo pembudidaya untuk menggunakan pakan mandiri.

Salah satu Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) penerima bantuan alat pembuatan pakan ikan mandiri melalui program Gerakan Pakan Mandiri tahun 2022 yang dilaksanakan oleh KKP adalah Kelompok Maju Bersama yang berada di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan.

Riyadi (operator mesin) menuturkan, produksi pakan mandiri ini baru sebatas untuk memenuhi kebutuhan  kelompok saja  dikarenakan  keterbatasan alat pembuat pakan, ucapnya. Adapun hasil yang diproduksi dalam satu hari hanya untuk  memenuhi kebutuhan  anggota saja yaitu berkisar antara 700 – 800 kilogram untuk 14 orang anggota pembudidaya ikan.

Prose Pencampuran Bahan Sebelum Penggilingan
Proses Penggilingan Menjadi Pakan Ikan

Share This Story, Choose Your Platform!